Jumat, 10 Juni 2011

BEBERAPA CIRI ISTRI BERAKHLAK BAIK DALAM RUMAH TANGGA POLIGAMI

Berikut ini beberapa ciri-ciri istri yang termasuk perempuan berakhlak baik dalam rumah tangga poligami:
1. Perempuan yang baik akhlaknya memiliki rasa malu yang besar dan tidak gemar mempertontonkan auratnya seperti rambut, kaki, leher, lengan atau aurat lainnya.
2. Perempuan yang baik akhlaknya akan bersikap baik terhadap suaminya dan bersikap baik pula pada istri lainnya serta gemar menjaga silahturahmi.
3. Perempuan yang baik akhlaknya akan menjauhkan hatinya dari rasa dengki kepada istri yang lain.
4. Perempuan yang baik akhlaknya tidak akan menghasut suami untuk berbuat aniaya atau berbuat tidak adil kepada istri yang lain.
5. Perempuan yang baik akhlaknya tidak akan menindas atau menganiaya istri lain meskipun dibelakang suami atau ketika suami tidak mengawasi.
6. Perempuan yang baik akhlaknya akan memperlakukan semua anak-anak dengan kasih sayang dan dengan keadilan meski bukan terlahir dari rahimnya tetapi dari rahim istri lainnya.
7. Perempuan yang baik akhlaknya tidak akan memakan jatah istri lainnya, seperti jatah uang yang telah ditetapkan suami dengan adil, jatah pangan, jatah sandang, jatah tempat tinggal, jatah biaya pendidikan anak, jatah waktu atau giliran tinggal dan jatah lahiriyah lainnya.
8. Perempuan yang baik akhlaknya tidak akan berkongsi dengan salah satu istri, untuk menjatuhkan istri yang lainnya.
9. Perempuan yang baik akhlaknya bersedia menghadiri kegiatan atau acara keluarga yang mempertemukan semua istri dan anak-anak.
10. Perempuan yang baik akhlaknya akan memanfaatkan waktunya untuk beribadah kepada Allah atau melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat, bukan menghamburkan waktu untuk mencari-cari keburukan istri lain dan mencari-cari masalah yang menyulut konflik.
11. Perempuan yang baik akhlaknya tidak akan banyak menuntut suami mengenai apa-apa yang suaminya tidak sanggup.
12. Perempuan yang baik akhlaknya penuh dengan rasa syukur kepada Allah lalu bersyukur kepada suaminya.
13. Perempuan yang baik akhlaknya tidak akan menghamburkan uang pemberian suami untuk sesuatu yang tidak penting dan tidak bermanfaat, seperti mengoleksi puluhan tas, puluhan pasang sepatu, puluhan pakaian atau hal-hal yang tidak bermanfaat lainnya.
14. Perempuan yang baik akhlaknya tidak hobi berkeliaran keluar rumah tanpa mahram.
15. Peremmpuan yang baik akhlaknya tidak akan diam saja apabila mengetahui harta yang didapatkan suaminya adalah harta haram.
16. Perempuan yang baik akhlaknya tidak akan diam saja apabila mengetahui suaminya berbuat aniaya terhadap istri yang lain atau menelantarkan istri yang lain.

Pasangan hidup adalah cerminan pribadi kita, diawal kita memutuskan menikahinya. Apabila suami atau istri memiliki pribadi yang buruk, maka seperti itu pula pribadi kita yang tak kalah buruknya, walau mungkin jenis keburukannya berbeda. Jangan menganggap diri kita lebih baik dari pasangan kita, sebab Allah telah berfirman yang insya Allah merupakan kepastian
“ Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)… “ (QS. An Nuur: 26)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar